membuat email pada web mail dan email client

Cara Membuat Email di web mail yahoo dan email client

 

Langkah-langkah membuat email menggunakan Webmail Yahoo.
1.   Buka alamat web : mail.yahoo.co.id
2.   Muncul tampilan seperti berikut :
 
 
 
3.   Klik tombol Buat Account Baru, muncul tampilan Formulir isian seperti berikut :
 
 
4.   Isilah form di atas seperti Contoh berikut ini (sesuaikan dengan data-data anda sendiri) :
 
 
 
5.   Klik tombol Buat Account Saya, jika tidak ada masalah saat pengisian Formulir pendaftaran, maka akan muncul tampilan seperti berikut :
 
 
 
      Sebaiknya anda CATAT informasi yang diberikan pada halaman Konfirmasi di atas, supaya anda tidak lupa dengan alamat Email anda sendiri.
6.   Selanjutnya Klik tombol Lanjutkan. Terbuka tampilan Mailbox anda, seperti gambar berikut :
 
 
 
7.   Klik Link Email Masuk untuk melihat email-email yang masuk untuk anda, tampilannya seperti berikut :
 
 
 
Ada 1 email baru untuk anda, jika ingin membukanya klik kolom Judul nya, maka isi dari email akan dibuka seperti gambar berikut :
 
 
 
      Ini adalah isi dari email terbaru untuk anda, yaitu berupa Konfirmasi tentang alamat email anda.
8.   Jika anda ingin kembali ke kotak surat, klik Link Email Masuk.
 
Membuat/menulis Email :
Untuk menulis surat baru (email baru), caranya adalah :
1.   Klik tombol Tulis Pesan, tampilannya seperti berikut :
 
 
 
 
2.   Ketik alamat email yang dituju di kotak Kepada : , contohnya anda bisa kirim email ke saya, dengan alamat email : hasmi_s@yahoo.com.
      Bagian CC: è isi dengan alamat email lain, jika anda ingin mengirimkan ke beberapa alamat, pisahkan 1 alamat email dengan alamat email berikutnya dengan memberi tanda koma (,).
      Bagian Judul : , Diisi dengan perihal isi email anda, misal : Perkenalan.
3.   Ketik isi email di Kotak Body Email (lihat gambar di atas), contoh isi email sebagai berikut :
 
 
 
4.   Selesai ketik email, klik tombol Kirim. Tampilan yang muncul jika pengiriman email anda sukses adalah seperti berikut :
 
 
 
5.   Jika anda ingin menambahkan alamat email yang dituju ke Kontak, anda harus memberi tanda centang pada bagian “Otomatis tambahkan penerima baru ke Kontak”.
6.   Klik tombol Selesai, jika ingin kembali ke kotak surat anda.
 
Menyisipkan File lewat Email yang dikirim.
1.   Buat email baru (Langkah-langkahnya sama seperti di atas),
2.   Klik Tombol Lampiran, klik tombol Lampirkan File, lalu pilih file yang ingin anda lampirkan.
 
 
 
      Sebagai contoh disini file yang dilampirkan adalah “contoh cover buku”.
3.   Klik tombol Save. Hasilnya seperti gambar berikut :
 
 
 
 
 
Jika anda telah selesai menggunakan Email, anda diwajibkan untuk melakukan Prosedur Sign Out atau keluar dari kotak email anda, terutama jika anda membuka email pada komputer yang dipakai bersama. Hal ini sangat penting, mengingat kotak email anda adalah bagian dari Milik Pribadi anda dan itu sangat rahasia, harus dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.
 

Bagi Anda yang lebih suka membuka email cpanel melalui Email Client seperti Mozilla thunderbird, berikut ini panduan cara settingnya.

  1. Buat akun email pada cPanel anda. Caranya bisa ditemukan pada URL berikut: http://klikhost.com/membuat-akun-email-di-cpanel/
  2. Download software Thunderbird di https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/. Lalu instal.
  3. Buka aplikasi Thunderbird. Lalu lihat ke atas, ke menu Tools > Account Settings.
  4. Pada jendela Account Setting, pilih menu Account Actions > Add mail account.
  5. Isi form “your name” dengan nama Anda. “Email address” dan “Password” dengan alamat email lengkap yang telah anda buat pada langkah 1. Centang “remember password”. Kemudian klik Continue.
  6. Thunderbird akan secara otomatis mengkonfigurasi setting incoming server email anda. Setelah proses konfigurasi selesai, Anda bisa memilih antara IMAP dan POP3. Pilih POP3 jika Anda ingin menyimpan email di komputer. Tekan tombol “manual config”. Pada username, ganti dengan format alamat+domainanda.com (tanda “@” diganti dengan “+”;) .  Misal : admin+klikhost.com. Lalu tekan tombol “Create Account”.
  7. Klik OK. Setting telah selesai. Silakan mencoba untuk mengirim dan menerima email melalui Thunderbird tersebut.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s